Rabu, 25 Agustus 2010

Kami Berusaha Tegar

Oleh: Widhi

Habis sudah air mata kami, jika kami ingin menangisi nasib...
Tapi kataku dalam hati, semua harus diusahakan sampai kita tidak menyesal bahwa semua sudah diusahakan sebaik-baiknya

Sepertinya tidak ada lagi tempat bagi kami untuk meraung-raung. Yang kami bisa lakukan adalah menjalani semua persoalan apa adanya dan berfikir. Itupun kalu bisa berfikir, jika tidak ya jalani saja.

Hampir setiap hari selama Ave lahir kami selalu bertanya..ada apa hari ini? Bagaimana perkembangan Ave? Apakah dia bisa survive?

Dokter juga memanggil kami setiap hari dan perjalanan satu setengah jam ditambah anak-anak yang juga menuntut untuk ikut, jika kami pergi ke rumah sakit membuat kami sakit fisik maupun pikirian. Kadang blank! ”Pokoknya datang aja kesana,” kata istriku.

Ditangani Spesialis THT, Bedah dan Pediatric
Ave dipegang oleh dokter pediatric mulanya dokter itu bertanya apa bapak punya hubungan saudara dengan ibu, aku jawab tidak. Lalu apa ibu mengkonsumsi obat-obatan, ku jawab juga tidak. Lalu, apa ibu pernah sakit berat selama hamil, pasti juga tidak. Akhirnya, mulai spesialis bedah, spesialis THT sampai test kromosom juga dilakukan.

Dari spesialis THT, ah dinyatakan bahwa secara struktur ditemukan adanya struktur di telingan Ave jadi memang tampak normal. Tetapi, seandainya dilakukan operasi plastik itu bisa dilakukan setelah si bayi berumur enam bulan. ”Setelah semuanya kuat,” ujar dokter THT.

Sementara dokter bedah yang masih muda juga menyatakan tidak ada masalah jika dilakukan operasi pembuatan daun telinga, bibir sumbing dan pembedahan lainnya, namun semua itu masih sebatas observasi sampai sekarang. Pembedahan yang sebenarnya bisa dilakukan enam bulan lagi atau sewaktu kondisinya normal.

Beberapa diagnosa, seperti Chart Sindrom, Golden Hard Syindrom, dilontarkan oleh dokter. Sampai test krosomom yang membuktikan bahwa Ave mengidap trisomy 13. Wueleeh, penyakit apa itu?

Dokterpun menuturkan bahwa trisomy 13 adalah cacad bawaan yang terjadi karena kromosom nomor 13 dobel. Sebagaimana diketahui manusia mempunyai 46. Jika pria 46 xy dan wanita 46 xx. Jadi Ave 47. Nah, dobelnya kromosom tersebut antara lain ditandai dengan palatal (langit-langit) yang tidak ada dan bibir sumbing. Berdasarkan scan juga dinyatakan hidung sebelah kanan Ave tidak ada lubangnya. Oh..my God. Bagaimana nasib anakku!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar